Rabu, 14 Januari 2015

KPOP, IDOL, FANDOM > INNER CIRCLE

2015, sudah memasuki hari ke 15 ... tapi blog ini belom ada 1 update pun di tahun ini TT___TT untuk itu aku ingin berbagi kegiatanku beberapa bulan ini sebagai fangirls :D .

Buat para kpopers pasti akrab untuk semua istilah diatas, apalagi buat Hard Kpopers XDXD *included me*. Ketika mengenal kpop beberapa taun yang lalu virus ganasnya belum menyerangku karna aku hanya mengenal satu bagiannya yaitu KPOP (yang merupakan bagian dari Korean Wave-Hallyu), sebuah kebudayaan music dari Korea selatan dengan style music yang catchy dan asyik dan juga terkadang menjadi ost korean drama yang sedang menjamur pada saat itu.

Tapi kemudian kau akan masuk pada fase mengenal “IDOL”  , kpop melabel artis-artisnya sebagai idol grup yang dapat menyanyi-menari-rap-akting-visual; begitu banyak variety show-reality show yang menayangkan tentang idola-idola kpop tersebut. Kehidupan idola tersebut menjadikan fans lebih mengetahui bagaimana keseharian idola-idola tersebut mulai bagaimana kebiasaan tidurnya,bakat lainnya selain menyanyi dan menari, apa makanan kesukaannya ataupun tingkah konyol lainnya; yah seperti itulah KPOP bahkan aku terkejut karana setiap hari selalu ada info dari idol favoritku yang lebih banyak dari artis tanah airku sendiri, bahkan jika kau satu hari tak menyentuh internet keesokan harinya kan akan sangat tertinggal berita -____- ah kalau sudah sampai sejauh ini kan akan sulit melepaskan diri HAHAHA. Karna setiap hari, setiap minggu selalu ada acara yang akan ditunggu entah itu variety show, reality show, music show, award show dan bahkan fanmeeting dan concert.


Lapisan selanjutnya “FANDOM” idol kpop incomplete w/o fandom, yeah idola kpop menjadi besar dan terkenal salah satunya adalah karna basis fandom internasionalnya yang besar dan aktif juga loyal/royal. Ketika masuk yang namanya fandom sebenarnya itu menyenangkan karna kita akan menemui orang-orang yang sama seperti kita menyukai hal yang sama dan kita akan mempunyai lingkungan baru bahkan  mungkin sebuah dunia baru :p. Contohnya saja di twitter (dengan account spazzing tentunya) semua berkumpul berbagai fandom dan punya dunianya masing-masing kadangkala fanwar terjadi bahkan beberapa drama dalam internal fandom itu sendiiri *sering sebenernya* dan ketika tiba waktunya vote untuk music award ... semua fandom menyiapkan jari-jari mereka, yah walaupun terkadang hasil dari award itu sendiri seringkali mencengangkan karna beberapa music award menyertakan beberapa kriteria lainnya. Kalau boleh jujur *sigh* sekali kamu masuk fandom biasanya ga ada jalan keluarnya hahhaha *its me .. oppps*, yah bila kamu menyangka jika satu music award hanya akan memberikan satu penampilan dari idolamu dan sesudah itu cukup tapi itu salah ... karna dengan satu-dua penampilan  akan ada belasan fancam, fanacc, fanart, bahkan bisa jadi ide fan fiction bahkan kalau music award nya ada di luar negeri berarti ada airport pic, fancam airtport, fanart, woahhhh tidak ada habisnya hahahaha bahkan ada berbagai fansites yang dengan kemampuan fotonya yang diatas rata-rata memberikan hasil foto-foto idola yang bagus. Tapi mungkin banyak hal positif juga :p karna kebanyakan fans idola kpop berasal dari berbagai negara sehingga kami kebanyakan menggunakan bahasa inggris sebagai penghubung *abaikan grammarnya XD*  oh dan kita bisa memilih klasifikasi kelas kita, mungkin di bagian spazzing, shipping otp, fan fiction, translator, gifter, fanedit, fanart, RT-ing, QT-ing, voter  “omooooo it just too much o.O”.  
        
Tapi tidak mudah menjadi fangirl, karna kita harus menyiapkan kantong tebal untuk album, konser, fanmeeting, gathering fandom, reality show dvd, dvd concert, ligstick fandom, dan berbagai merchandise lainnya T____T bahkan untuk awal tahun berbagai fansite korea menjual kalender khusus fansite idola tersebut dengan berbagai foto tambahan -_- ah itu menguras uang, buatku sih menggigit jari aja ^^V.

Generasi KPOP awal yang aku kenal 

Ah mungkin itu hanya dari pandanganku selama beberapa bulan ini, yah itu sudah masuk type membahayakan sebenarnya -_- tapi apa mau dikata virusnya sudah mencapai hati :D. Tapi untuk idol aku menyukai sejarah yang mereka jalani tidak hanya music dan variety-reality show nya. Ini memang lebih mirip bagaimana aku menjadi Inner Circle dari pada share KPOP “im sorry i just tell a story of me in the end XD” yah WINNER yang membuat/mendorong/menjadikan/memasukkan aku menjadi INNER CIRCLE ( Winner Fandom ) awalnya aku kenal kpop hanya sebatas kenal ya ketika era TVXQ-SUJU sedang booming di Indonesia kemudian kenal Bigbang suka aliran musiknya-ngikutin semua beritanya-VIP (ga terlalu hardcore btw) tapi bigbang membawaku ke YG ent salah satu agency besar korea selatan. Oia aku terkadang bingung juga ama KPOP yang ada istilah stan agency berarti stan semua grup didalemnya, yah itu juga sebenernya kejadian juga sama aku yang asalnya Cuma suka bigbang kemudian juga suka 2ne1, Gummy, se7en, psy, epik high, lee hi, KSY, akmu dan tentunya winner (haha sebenernya itu Cuma absen semua artis YG tapi emang musik mereka asik sama bagus).


zaman Team A

Kemudian karna bigbang juga akhirnya aku ngikutin acara WIN (who is next) survival show dari YG ent dengan menyertakan 11 trainee yang dibagi jadi 2 team yaitu Team A dan Team B, karna di team a ada Kang Seungyoon (rockernya YG ent) jadi awalnya emang lebih condong ke ke team A tapi pas WIN mulai jadi tau Lee Seunghoon rapper sekaligus choreographer team A/Winner ( yang juga kpopstar season 1 top4) yang dance ciptaannya emotinal dan kerennnn banget (coba cek videonya di youtube “win team a dont stop the music” it truly legend check the video)  kemudian ada Song Minho a.k.a Mino rapper+composer yang asalnya mau debut ama Block-b tapi ga jadi dan sebenernya udah debut tapi udah bubar timnya ( mino gaya rapnya se-type ama TOP yang juga sama-sama punya deep voice, dan juga dia tuh mirip GD+Taeyang, lanjut ke Maknae team A yaitu Nam Taehyun vocalist+composer yang punya alis dan rambut unik dan punya “high voice”, juga kemudian Kim Jinwoo yang menjadi balance antara seunngyoon dengan karakter kuat suaranya dan taehyun dengan high voicenya... dan pas mereka nyanyi Officially missing you di WIN its daebakkkk ... harmonisasinya dapet check the video. Ah itu Cuma rangkuman pendeknya kenapa aku suka WINNER, T____T ... atleast i have a feel with winner, bcoz im with them since beginning ... sebelum mereka bahkan menjadi winner sebelum mereka bahkan sebelum mereka punya kekompakan tim yang membuat mereka selalu kalah dari team B pada awalnya (itu benar-benar saat yang sulit bahkan harus ganti leader dari mino ke seungyoon yang notabene “pangais bungsu”) tapi mereka akhirnya sadar mereka tidak harus selalu menang tapi mereka harusnya menikmati setiap penampilan mereka dan hanya ingin yang terbaik T__T dan kemenangan itupun datang pas mereka menang dengan lagu buatan seungyoon yaitu Smile again check video... ah itu indah banget (mulai lebay) kelebihan mereka dalam membuat lagu memang menjadi keunggulan mereka dan merebut hati fans sehingga saat sesi voting mereka selalu menang. Dan akhirnya team a menang dan menjadi winner (i have no idea, aku yakin team a juga keliatan dari seunghoon+mino yang nangis ga berenti-renti bahkan sampai di backstage bahkan jinwo sempat mimisan hahaha). Terbentuklah winner kemudian hadirlah WINNERTV dan inner circle harus nunggu 10 bulan buat mereka debut dengan album "2014 S/S" yang mereka composeri sendiri (Seungyoon,Mino,Taehyun –composer | Seunghoon – lyricist). winner debut stage inkigayo

WINNER

Dan disinilah aku berakhir menjadi Inner Circle ^^ (kita akhiri untuk saat ini soalnya kalau ga ceritanya bisa mnejadi beberapa halaman esai hahhaha) cerita lengkap winner ^^.


Dan bangga dengan apa yang sudah winner terima sejauh ini T___T you truly deserve it guy... CHECK THIS


2 komentar: