Jumat, 29 Maret 2013

Ada Seseorang di Kepalaku yang Bukan Aku



            Deja Vu ! judul diatas tercetus setelah baca cerpen Akmal Nasery Basral dengan judul yang sama, Deja Vu dengan apa yang aku pikirkan saat itu ... rasanya mengilhami setiap kata-kata disini. Pernah merasakan pikiran “ada seseorang di kepalaku yang bukan aku !” , fuiihhhh rasanya diriku yang asli ada di pojokan kepala dan Cuma melihat sisi lainnya mengendalikan diri-Ku, seseorang itu bahkan berbuat curang dengan melakukan hal-hal yang bahkan aku tak sukai dan benci. Seseorang itu mencuri jati diriku dan mengunciku di sisi lain-nya, keji!! Tolong keluarkan dia dari kepalaku!! Bahkan aku tidak menjadi aku hari ini-,

            Aku kehilangan aku, bahkan sekarang aku mulai lupa menjadi aku dulu ... logiskah? Ketika bahkan kau lupa menjadi dirimu? .
Hari ini menjadi titik.

Minggu, 24 Maret 2013

[Notes] Episode Gelap-KU


Aku menemukannya terseguk-seguk menangis sendiri disamping jembatan, melihatnya seakan-akan aku tersedot ke dunianya, dunia kelam yang ia huni sendiri.
Aku menghampirinya dan bertanya “ kau tidak apa-apa?”
Dengan mata sendunya ia menatapku, dan kembali menangis tersedu-sedu dengan kerasnya sambil memeluk boneka yang menutupi seluruh wajahnya.
Aku diam dan terpaku, apa yang terjadi? Pikirku... selama ini dia hanya bercerita bahwa ia tak percaya dengan dirinya dan bagaimana ia tak menikamati hidupnya, apakah itu yang terjadi hari ini? Sebanyak apa hal itu melukai batinnya hingga bisa membuat dia menangis sejadi-jadinya seperti ini, aku bahkan bisa merasakan kepedihan dari tangisannya.  
“Bob ... Are you okay?” aku mencoba kembali bertanya dengan hati-hati.
“Aaa...ku tak tahu sist, aku hanya merasakan sakit yang teramat sangat, batinku terluka ... jiwaku mungkin akan terancam... apakah kau pernah memikirkan untuk menabrakan dirimu di jalan ketika kau putus asa? Atau berusaha untuk menghilang? Saat ini itu yang aku inginkan...” terbata-bata dia mulai membuka mulutnya dengan enggan.
“Separah itukah bob? Aku mungkin hanya menjalani prosesi biasa kalo ada masalah, yah seperti kamu tahu ... berbicara denganmu dan mencari solusi terbaik” aku berujar dengan halus.
“aaaaahhh ... apakah ini yang tuhan yang berikan ketika aku meminta sebuah kekuatan ... ketika aku meminta kesabaran ... sebuah masalah agar aku bisa belajar???? Apakah begitu sist? Aku bahkan aku hampir tak bisa bernafas tercekik oleh orang-orang yang menghakimiku dengan seenaknya ... saat aku tak bisa belajar dengan baik untuk yang satu ini” dengan frustasi dan air mata berurai dia menatapku, menunggu jawaban lain dariku.
“Tenang bob, hidup memang terkadang seperti ini ...tidak seperti yang kita inginkan, mungkin kau saat ini akan melewati salah satu episode gelap dari mozaik perjalannmu” ujarku dengan positif.
“sist, kau tak mengerti ... aku hanya tak ingin dihakimi tanpa aku bisa memberikan penjelasan, bahkan membuka mulutku untuk sepatah kata pun aku tak bisa” sesalnya dengan tangisan tanpa suara, sungguh menyayat kalbuku. “Apakah aku tak berhak bicara sist? Apakah aku tak berhak hidup dengan layak? I’m human too,sist!!! Aku juga punya rasa buat marah, untuk kesal dan mengelak!!! Apakah ini ADIL ketika mereka menentukan hidupku, mereka bukan tuhan!! Mereka hanya antek-antek devil yang hanya bisa mencerca orang dengan seenaknya...” tangisnya benar-benar terhenti dan terganti dengan kemarahan dimata merahnya.                          
“peran antagonis di episode ini sangat banyak sist, aku hanya menjadi protagonis yang kalah... dan ini salah satu episode tergelap-KU ”
“Bob, setiap orang punya episode-episode yang bahkan kau tak bisa bayangkan ... semua hal itu alami, kau akan menjalani ini dengan baik pada akhirnya, be strong bob ! ” ucapku dengan senyum kaku, menasehati diriku yang lainnya.


My notes :
Setiap orang punya karakter diri yang berbeda antara satu dan lainnya, bahkan beberapa orang beberapa karakter dalam dirinya ... seperti sisi baik dan sisi buruk. Ingat sybill? Atau billy dengan 24 karakternya? Ehm, sepertinya itu secara psikologis terlalu parah tapi jika alterego pasti semua orang punya di setiap moment-nya, begitupun aku ... “Sist and Bob, side of me” ( kisah lain-KU

Selasa, 19 Maret 2013

[Song] Hall Of Fame - mine ost ^^

OST a.k. a original soundtrack, pasti pada tau dong semuanya juga terlebih yang demen nonton film pasti  ga asing sama ost yang menurut aku jadi satu poin penting yang menambah daya tarik satu film itu sendiri, lha terus apa hubungannya ama aku dan kita? J. In my opinion, setiap bagian mozaik hidup kita selalu ada ost untuk setiap scene-nya mau itu terkadang bahagia, atau galau mellow-nya abg sekarang, atau ketika kita jatuh sekalipun.

Dude, pernah ga sih kalian ngerasa pas denger satu lagu lansung berujar “ini gw banget” atau ga “ini lagu pas ama aku sekarang” psati pada pernah lah ya nemu lagu yang kita banget.

Pernah merasa jatuh? dan merasa harus ada yang menyemangatimu? Atau seseorang yang memberikan kepercayaan bahwa kamu bisa?, aku menemukan itu di lagu ini.. J coba resapi kata-katanya dan dengerin lagunya  play song, it yours :

THE SCRIPT LYRICS 
"Hall Of Fame"
(feat. Will.I.Am)



Yeah, you can be the greatest
You can be the best
You can be the King Kong banging on your chest

You could beat the world
You could beat the war
You could talk to God, go banging on his door

You can throw your hands up
You can beat the clock (yeah)
You can move a mountain
You can break rocks
You can be a master
Don't wait for luck
Dedicate yourself and you gon' find yourself

Standing in the hall of fame (yeah)
And the world's gonna know your name (yeah)
'Cause you burn with the brightest flame (yeah)
And the world's gonna know your name (yeah)
And you'll be on the walls of the hall of fame

You can go the distance
You can run the mile
You can walk straight through hell with a smile
.......
You could be
the hero
You could get the gold
Breaking all the records they thought never could be broke

Yeah, do it for your people
Do it for your pride
How you ever gonna know if you never even try?

Do it for your country
Do it for your name
'Cause there's gonna be a day...

When you're standing in the hall of fame (yeah)
And the world's gonna know your name (yeah)
'Cause you burn with the brightest flame (yeah)
And the world's gonna know your name (yeah)
And you'll be on the walls of the hall of fame

Be a champion, be a champion, be a champion, be a champion
On the walls of the hall of fame

Be students
Be teachers
Be politicians
Be preachers
(Yeah)

Be believers
Be leaders
Be astronauts
Be champions
Be truth seekers

Be students
Be teachers
Be politicians
Be preachers

Be believers
Be leaders
Be astronauts
Be champions

Standing in the hall of fame (yeah, yeah, yeah)
And the world's gonna know your name (yeah, yeah, yeah)
'Cause you burn with the brightest flame (yeah, yeah, yeah)
And the world's gonna know your name (yeah, yeah, yeah)
And you'll be on the walls of the hall of fame

(You can be a champion)
You could be the greatest
(You can be a champion)
You can be the best
(You can be a champion)
You can be the king kong banging on your chest

(You can be a champion)
You could beat the world
(You can be a champion)
You could beat the war
(You can be a champion)
You could talk to God, go banging on his door

(You can be a champion)
You can throw your hands up
(You can be a champion)
You can beat the clock
(You can be a champion)
You can move a mountain
(You can be a champion)
You can break rocks

(You can be a champion)
You can be a master
(You can be a champion)
Don't wait for luck
(You can be a champion)
Dedicate yourself and you gon' find yourself
(You can be a champion)


~Standing in the hall of fame~

Be champion dude, How you ever gonna know if you never even try?  Your ost now ?

Jumat, 08 Maret 2013

[ Artikel ] Daun Katuk Sebagai Zat Warna Alam


Menurut sumber diperolehnya zat warna tekstil digolongkan menjadi 2 yaitu: pertama, Zat Pewarna Alam (ZPA) yaitu zat warna yang berasal dari bahan-bahan alam pada umumnya dari hasil ekstrak tumbuhan atau hewan. Kedua, Zat Pewarna Sintesis (ZPS) yaitu Zat warna buatan atau sintesis dibuat dengan reaksi kimia dengan bahan dasar ter arang batu bara atau minyak bumi yang merupakan hasil senyawa turunan hidrokarbon aromatik seperti benzena, naftalena dan antrasena. (Isminingsih, 1978).
Pada awalnya proses pewarnaan tekstil menggunakan zat warna alam. Namun, seiring kemajuan teknologi dengan ditemukannya zat warna sintetis untuk tekstil maka semakin terkikislah penggunaan zat warna alam. Keunggulan zat warna sintetis adalah lebih mudah diperoleh , ketersediaan warna terjamin, jenis warna bermacam macam, dan lebih praktis dalam penggunaannya Meskipun saat ini penggunaan zat warna alam telah tergeser oleh keberadaan zat warna sintesis namun penggunaan zat warna alam yang merupakan kekayaan budaya warisan nenek moyang masih tetap dijaga keberadaannya khususnya pada proses pembatikan, perancangan busana dan pewarnaan tekstil pada umunya. Kain yang menggunakan zat warna alam memiliki nilai jual atau nilai ekonomi yang tinggi karena memiliki nilai seni dan warna khas, ramah lingkungan sehingga berkesan etnik dan eksklusif. Hal ini bisa dijadikan peluang usaha bagi masyarakat luas yang dapat memanfaatkan zat warna alam tersebut dengan baik dan bijaksana.
Pada umumnya daun katuk digunakan sebagai sayuran atau lalapan dan dipercaya masyarakat mampu melancarkan air susu ibu dan mempercepat pemulihan tenaga bagi orang yang sakit (Soeseno 1984) tetapi daun katuk tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, berdasarkan  kandungan kimia pada daunnya, daun katuk juga bisa digunakan untuk zat warna alam.


Toksonomi tanaman katuk menurut Backer dan Brink (1963) dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Divisi               : Spermatophyta
Sub divisi        : Angiospermae
Kelas               : Dicotiledoneae
Sub kelas         : Monochleamydae (Apetalae)
Bangsa             : Euphorbiales
Suku                : Euphorbiceae
Marga              : Sauropus
Jenis                 : Sauropus androgynus L Merr