Rabu, 22 Juni 2011

Review 'Slumdog millionere'


                Film ini adalah salah satu film kesukaan aku, filmnya  adalah ‘Slumdog Millionere’ garapan sutradara Dannny Boyle walaupun film ini berlatar secara keseluruhan di India tapi film ini asli bikinan Hollywood, kenapa film ini begitu menarik? Karna menurut pendapat aku isi film ini tidak hanya berkisar tentang perjalanan hidup saja tapi juga mencakup cinta, takdir, pengorbanan, dan perjuangan inilah yang menjadikan film sayang kalau sampai dilewatkan. Kita semua tahu kan kuis “who wants to be a millionere?” kuis yang fenomenal banget karna dengan cukup menjawab pertanyaan saja kita sudah bisa mendapat uang yang banyak, nah inilah yang menjadi dasar dari cerita film ini. sebenarnya film ini diangkat dari novel yang berjudul ‘Q & A’ yang kemudian diangkat ke layar lebar.
                Film ini dibuka dengan adegan dikantor polisi seseorang yang sedang diinterogasi oleh inspektur di sana, ia adalah Jamal Malik (Dev Patel) kenapa itu bisa terjadi? Teryata Jamal di interogasi karna dugaan kecurangan dalam kuis yang diikutinya yaitu kuis ‘Who Wants To Be a Millionere’ dia dilaporkan oleh Prem Kumar (Anil Kapoor) pembawa acara kuis itu, bagaimana Prem Kumar tidak curiga Jamal berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sampai pada tahap 10 juta Rupee yang berarti tinggal satu langkah menuju 20 juta Rupee nah yang aneh adalah Jamal ini adalah hanya seorang chaiwala (pengantar minuman) di perusahaan telkom dan yang lebih aneh lagi adalah bahwa jamal juga buta huruf. Ketika diinterogasi jamal mengaku bahwa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu adalah pengalaman hidupnya (disini penonton di ajak flashback), dia menceritakan bahwa waktu kecil ibunya meninggal akibat perselisihan hindu-muslim jadi dia dan kakaknya hidup di jalanan  yang kemudian  mereka bertemu Latika (Freida Pinto) . dari sinilah cerita mengalir dari awal pertanyaan sampai yang ke 14 teryata pertanyaan itu adalah kisah hidupnya dia tidak pernah tahu tentang pertanyaan-pertanyaan itu tapi dia mengetahui jawabannya, inilah yang dinamakan keanehan yang masuk akalJ. Alasan dia mengikuti kuis inipun karna ingin membebaskan Latika dari tangan Javed dan untuk itu ia harus punya uang dulu.
                Film ini begitu kontroversi dengan raihan 8 piala Oscar dan 4 Golden Globes, 5 Critics’ Choice Awards, dan 7 BAFTA awards termasuk film terbaik dan sutradara terbaik. Wuihhh piala udah bejibun gitu pasti filmnya sangat bagus (pastinya J). Diawal film ketika judul ditayangkan ada pertanyaa “Jamal menyisakan pertanyaan terakhir, bagaimana dia menjawabnya? A). Dia curang B). Dia beruntung C). Dia jenius D). Sudah ditakdirkan. Dimana di akhir film ini anda akan mengetahui megetahui sendiri jawabannya.

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar